WARTA KORUPSI SEPANJANG JUNI 2013

Sepanjang Juni 2013, Koran Tribun Pekanbaru dan Riau Pos mewartakan berita korupsi. Dalam warta tersebut kasus korupsi ditangani oleh Polisi, Kejaksaan dan KPK yang terjadi di Riau. Kasus tersebut terjadi di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru. Kedua media melansir berita setelah polisi, jaksa dan KPK menangani kasus tersebut.

 

Dalam berita tergambar jenis kasus Korupsi yang terjadi berupa:

  1. Rusli Zainal diperiksa KPK di Jakarta, saat itu belum di tahan. Johan Budi mengatakan, pemeriksaan perdana ini terkait kasus PON dan korupsi kehutanan. Berkas masih belum lengkap.
  2. Kuasa hukum Rusli Zainal, Rudi Alfonos mengatakan untuk kasus RZ KPK belum masuk substanis hukum, hanya sebatas peran Gubernur berupa Tupoksi.
  3. Kejari Bangkinang melakukan pemeriksaan lanjutan terkait korupsi pengadaan baju koko di kabupaten Kampar tahun 2012 senilai Rp 2,4 M. Hasil pemeriksaan menemukan kejanggalan berupa, mark up atau penggelembungan harga di tiap helai baju koko dan Tiap helainya dianggarkan Rp 130 ribu, setelah pengecekan harga di pasar harga sebenarnya Rp 80 ribu. Ada mark up Rp 50 ribu per baju koko. Dalam kasus ini Kejari telah memeriksa 15 camat di Kampar.
  4. Gubernur Riau Rusli Zainal akhirnya ditahan KPK dalam kasus korupsi PON dan RKT tahun 2004.